BAB II
METODE PENELITIAN
2.1. Objek Penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah Kurnia Furniture yang berlokasi di Jl. Raya Duta Pelni, Cimanggis-Depok. Usaha ini didirikan oleh Bapak Ade sejak tahun 2007. Kurnia Furniture merupakan UKM yang bergerak di bidang jasa perbaikan sofa. Selain itu, usaha Kurnia Furniture juga menyediakan jasa pembuatan gorden dan kitchen set.
2.2. Data atau Variabel yang Digunakan
Dalam penulisan ilmiah ini data yang digunakan berupa data primer dimana data tersebut diambil berdasarkan penelitian kuesioner yang langsung terhadap konsumen. Adapun variabel yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen Kurnia Furniture adalah sebagai berikut :
1. Kerapihan jahitan
2. Harga yang ditetapkan
3. Ketepatan waktu pengerjaan
4. Keterampilan karyawan
5. Jenis pelayanan jasa yang tersedia
6. Komunikasi dengan konsumen
7. Keramahan karyawan
8. Perhatian secara individu terhadap konsumen
9. Tanggapan dalam menghadapi komplain
10. Tanggung jawab atas kerusakan
2.3. Metode Pengumpulan Data
1. Studi Lapangan
a. Wawancara
Proses pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab dan bertatap muka kepada pemilik Kurnia Furniture
b. Kuesioner
Proses pengumpulan data dengan membagikan lembar pertanyaan kepada responden atau konsumen Kurnia Furniture
c. Observasi
Proses pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian
2. Studi Pustaka
Pengumpulan data yang diambil dari kumpulan catatan penulis, fotokopi-fotokopi selama perkuliahan, dan buku-buku yang berkaitan dengan masalah ini.
2.4. Hipotesis
Ho : | Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Kurnia Furniture |
Ha : | Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Kurnia |
2.5. Alat Analisa yang digunakan
Pada penelitian ilmiah ini, alat analisa yang digunakan penulis yaitu sebagai berikut :
1. Analisa Deskripitif
Dalam melakukan penelitian ini, penulis mengumpulkan data kuesioner dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dimana setiap anggota dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel.
Populasi : mencakup seluruh konsumen yang datang ke Kurnia Furniture
Sampel : mencakup 30 konsumen atau responen
2. Analisa kuantitaif
a. Uji Chi Square
Pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar terjadi atau aktual (Fo) dengan frekuensi atau ekspektasi (Fe) yang didasarkan pada hipotesis yaitu :
Rumus : | X2 hitung = å (Fo-Fe) Fe |
Langkah-langkah pengujian hipotesis :
1. Membuat hipotesis nol (Ho), hipotesis alternatif (Ha)
2. Menentukan tingkat signifikan (α)
3. Menentukan derajat bebas (Db)
Uji kecocokan dimana m adalah parameter estimator yang bernilai 0
Db = k – m – 1 ; untuk uji kebebasan Db = (k - 1) (b - 1)
4. Menentukan wilayah kritis (X2 tabel)
X2 tabel = x2 (α : Db)
5. Menentukan X2 hitung (berdasarkan rumus)
6. Keputusan
7. Kesimpulan
8. Analisa
b. Uji Skala Likert
Pengujian yang dirancang untuk memungkinkan konsumen menjawab pertanyaan dalam berbagai tingkatan pada tiap butir pertanyaan yang menguraikan tentang produk atau jasa.
Rumus : | TKi = Xi* x 100% Yi |
Dimana :
TKi : Tingkat kesesuaian responden
Xi : skor penilaian kinerja perusahaan
Yi : skor penilaian kepentingan atau harapan konsumen
Bobot yang diberikan pada tingkat jawaban kuesioner adalah sebagai berikut :
Skala Penilaian | Bobot |
SP | 4 |
P | 3 |
KP | 2 |
TP | 1 |
§ Jawaban Sangat Puas (SP) = bobot 4
§ Jawaban Puas (P) = bobot 3
§ Jawaban Kurang Puas (KP) = bobot 2
§ Jawaban Tidak Puas (TP) = bobot 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar