Jumat, 06 November 2009

TULANG KUAT, PANGKAL SEHAT …


Pada usia kita, pertumbuhan tulang sudah berhenti. Umumnya tulang berhenti tumbuh pada saat usia 16-18 tahun. Artinya, lewat dari usia ini, tulang tidak akan bertambah panjang lagi, bak tulang tungkai maupun tulang belakang. Tulang boleh berhenti tumbuh, tapi tugas kita merawatnya nggak selesai sampai di sini. Sebaliknya, makin tambah usia, kita harus makin peduli kesehatan tulang.

STOP BONGKOK !

Gangguan pada tulang yang paling kelihatan adalah bongkok. Kalau kita berbadan bongkok, mulai deh perbaiki postur tubuh kita. Soalnya akan muncul efek merugikan dari kebiasaan jelek kita ini. Efek tersebt bisa terasa sewaktu-waktu, apalgi saat kita mulai tua.

OSTEOPOROSIS

Penyakit ini menimpa kita yang kurang asupan kalsium pada usia muda. Tulang kita terbentuk dari susunan sel-sel, matriks, dan mineral. Nah, kalsium adalah salah satu jenis mineral yang paling penting bagi tulang kita. Kadar kalsium tiap orang berbeda. Kebutuhan kalsium orang dewasa dengan aktivitas sedang, biasanya membutuhkan sekitar 1.000 mg (setara dengan dua gelas susu) per hari. Dan jika kita menjalani aktivitas atau kerja fisik yang berat, kebutuhan kalsium meningkat hingga 1.500 mg (setara tiga gelas susu) per hari. Kadar kalsium tinggi juga dibutuhkan wanita hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar