Minggu, 10 Oktober 2010

REVIEW JURNAL 3

· Tema / Topik

:

EKONOMI


· Judul, Pengarang, Tahun

:

Analisis Kepuasan Pelanggan pada Tepung Ketan Merk Rose Brand PT. Sungai Budi Jakarta

Oleh Hernama dan Johan (2006)

· Latar Belakang Masalah

:

Persaingan bisnis dewasa ini menuntut para pelaku bisnis untuk dapat memuaskan konsumen mereka. Untuk dapat memuaskan konsumen perlu menganalisis indicator kepuasan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, indicator kepuasan yang perlu diperhatikan oleh manajemen PT. Sungai Budi Jakarta adalah indicator wangi/harum, lebih kering, dan dapat digunakan untuk berbagai macam kue.


· Tujuan Penelitian

:

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kepuasan konsumen terhadap tepung ketan merk Rose Brand, factor apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen


· Metodologi

:

- Variabel

Variabel penelitian ini menggunakan variable kepuasan pelanggan.


- Data

Data yang digunakan adalah data primer, yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner


- Tahapan Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan. Daftar pertanyaan disebarkan kepada para konsumen pengguna tepun ketan merk Rose Brand PT. Sungai Budi Jakarta

Penyusunan dan perhitungan data yang diperoleh dari hasil pengkodean, disajikan dalam bentuk table, diagram, dan grafik. Tabulasi digunakan menggunakan cara manual dan bantuan peralatan komputerisasi.


- Model Penelitian

Dilakukan melalui pendekatan kuantitaf yaitu penelitian yang menggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. Teknik analisa daa menggunakan statistic deskriptif. Grafik digunakan untuk memilih jawaban tertentu pada setiap butir pertanyaan. Deskripsi sikap konsumen dianalisa menggunakan skala Likert


· Hasil

:

Kesimpulan :

Pada umumnya kosumen merasa puas terhadap kualitas produk tepung ketan yang diproduksi PT. Sungai Budi. Ada beberapa indicator yang perlu mendapat perhatian pihak manajemen, yaitu wangi/harum, lebih kering, dan dapat digunakan untuk berbagai macam kue. Pada ketiga indicator ini konsumen merasa bahwa produk tepun ketan Rose Brand kurang memuaskan.


· Saran dan Usulan Lanjutan

:

Saran :

Manajemen perlu mempertahakan dan meningkatkan indicator higienis dan kualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar