Senin, 01 November 2010

JURNAL 3

· Tema / Topik

:

EKONOMI / KEPUASAN KONSUMEN

· Judul, Pengarang, Tahun

:

Analisis Kepuasan Konsumen Pada Food Express di Kelapa Dua

Oleh Regita Anggun Rachmita (2009)


· Latar Belakang Masalah

:

Pemenuhan kebutuhan sangat penting untuk menghasilkan barang dan jasa ternyata masalah pemilihan yang dilakukan oleh individu–individu atau kelompok (masyarakat) dalam mengalokasikan sumber-sumber ekonomi sebagai alat pemuas kebutuhan-kebutuhan manusia baik sebagai konsumen yang menginginkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Individu-individu atau kelompok-kelompok tersebut dihadapkan pada penggunaan alternatif barang-barang dan jasa serta faktor produksi yang tersedia dalam jumlah terbatas, yang mungkin bersifat normal ataupun bersifat public (Normal goods & public goods), seperti rumah tangga dan perusahaan.

Dewasa ini, hampir semua industri dagang ataupun jasa memfokuskan diri ada upaya meningkatkan pelayanan yang diberikan. Pada umumnya, semakin lama konsumen menjalin hubungan dengan perusahaan, mereka biasanya lebih mampu memberikan laba bagi perusahaan.

Tujuan memberi pelayanan yang berkualitas bagi para konsumen yaitu menciptakan rasa puas yang tercermin dari perilaku mereka untuk memilih layanan yang kita berika atau mempengaruhi mereka untuk kembali lagi di waktu lain dan juga merekomendasikan kepada kolega dan keluarganya. Jika hal itu terjadi maka dapat dikatakan bahwa mereka telah merasakan pelayanan yang berkualitas dan bermanfaat bagi Food Express untuk mengevaluasi posisinya di tengah persaingan serta untuk mengambil keputusan manajerial yang tepat. Berdasarkan alasan-alasan di atas maka penulis tertarik untuk membahas kepuasan konsumen terhadap Food Express dalam memuaskan pelanggan terhadap kebutuhan sehari-hari.


· Tujuan Penelitian

:

Tujuan dalam penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen pada FOOD EXPRESS KELAPA DUA


· Metodologi

:

- Objek penelitian

Para konsumen yang berbelanja di Food Express


- Variabel

Variabel yang dikaji adalah variabel independent dengan jumlah sampel 100 responden dan variabel kepuasan konsumen terhadap Food Express sebagai variabel dependent


- Data

Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pada data primer, data yang didapat berasal dari sumber pertama (individu) yaitu wawancara dengan Bp. Agung selaku Direktur Utama dan Bp. Winoto selaku Direktur Operasional.

Pada data sekunder, data berasal dari kuesioner yang disebar ke 100 responden


- Tahapan Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan riset kepustakaan dan riset lapangan melalui teknik wawancara


- Model Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf yaitu penelitian yang menggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. pada penelitian ilmiah ini menggunakan :

· Skala Likert yang memberikan skor 1-5 untuk mengetahui derajat responden terhadap serangkaian pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner.

BOBOT

KATEGORI

1

2

3

4

5

Sangat tidak setuju

Tidak setuju

Ragu

Setuju

Sangat setuju

a. Nilai tertinggi : [total responden x bobot tertinggi]

100 x 5 = 500

b. Nilai terendah : 100 x 1 = 100

c. Jarak : nilai tertinggi – nilai terendah 500 – 100 = 400


· Model Chi Square

Fe2 = ∑ (Fo - Fe)2

Fe


· Hasil

:

KESIMPULAN :

Jadi, setelah melalui perhitungan dari hasil kuesioner terhadap 100 orang konsumen dengan menggunakan metode Chi Square maka kesimpulan yang didapat yaitu bahwa tingkat kepuasan para konsumen Food Express berbeda untuk keseluruhan variable yang diuji.


· Saran dan Usulan Lanjutan

:

SARAN :

1. Manajer harus lebih memperhatikan harga yang dirasa masih kurang memuaskan

2. Manajer harus lebih memperhatikan iklan, promosi yang dirasa masih kurang efektif sampai dengan konsumen


USULAN LANJUTAN :

Manajer harus menindak lanjuti hasil kuesioner penulis agar dapat melakukan perbaikan yang dianggap kurang. Harga dapat dengan mudah menarik pembeli untuk berbelanja di Food Express yang akhirnya akan meningkatkan laba dan citra Food Express itu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar