Rabu, 24 November 2010

Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Reparasi Kurnia Furniture - BAB I

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan industri, maka perusahaan besar maupun perusahaan kecil dituntut untuk senantiasa menjaga kualitas terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan pada konsumen. Hal ini bertujuan agar mereka dapat bersaing dengan perusahaan lain secara sehat. Dalam usaha peningkatan produk atau jasam perusahaan harus mengetahui cara-cara untuk mengatasi persaingan yang sehat tersebut. Peningkatan kualitas produk atau jasa merupakan tujuan bagi konsumen untuk membuat keputusan dalam pemakaian produk atau jasa tersebut.

Selain berperan sebagai penerima jasa, para konsumen juga berperan sebagai penilai kualitas dari produk atau jasa yang telah dibeli atau dipakai. Konsumen juga mempunyai banyak sekali pilihan dalam usaha untuk memuaskan kebutuhannya, sehingga para konsumen akan mencari kualitas terbaik dengan harga yang layak dalam memilih produk atau jasa yang ditawarkan oleh banyak perusahaan.

Sebagai perusahaan kecil menengah yang bergerak di bidang jasa reparasi furniture, Kurnia furniture sangat menyadari persaingan yanh dihadapinya dan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pendapatan. Itu sebabnya Kurnia furniture selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam usaha memuaskan para konsumennya.

Berdasarkan latar belakang tersebut,penulis tertarik untuk mengadakan penelitian ilmiah dengan judul “Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Reparasi Kurnia Furniture” sebab penulis ingin mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh Kurnia Furniture.

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah yang ingin diangkat dalam penelitian ini apakah para konsumen sudah merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh reparasi Kurnia Furniture.

1.3. Batasan masalah

Batasan masalah yang akan dibahas oleh penulis yaitu tingkat kepuasan para konsumen dalam menerima pelayanan yang diberikan oleh Kurnia Furniture dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 sampel atau responden dengan mengguanakan uji Skala Likert. Penyebaran kuesioner dilakukan mulai minggu pertama bulan November sampai dengan minggu ketiga bulan November 2010. Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Chi Square.

1.4. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan para konsumen terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh Kurnia Furniture.

1.5. Manfaat Penelitian

Dari penulisan ilmiah ini diharapkan dapat diperoleh manfaat-manfaat baik bagi penulis, maupun pihak-pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar