Senin, 01 November 2010

JURNAL 1

· Tema / Topik

:

EKONOMI / KEPUASAN KONSUMEN


· Judul, Pengarang, Tahun

:

Analisis Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Bukit Sawangan Indah

Oleh Gema Mochamad (2008)


· Latar Belakang Masalah

:

Dalam era global SEKARANG ini, ternayat membawa dampak positif terhadap perkembangan ekonomi yang diikuti dengan kemajuan dunia usaha seperti usaha perdagangan, jasa, industri, khususnya pada sector perdagangan dan jasa banyak mengalami kemajuan. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan perusahaan-perusahaan perdagangan dan jasa yang semakin pesar baik berskala besar dan kecil. Agar dapat menciptakan nilai konsumen yang tinggi, maka perusahaan atau produsen harus mampu memberikan manfaat yang lebih besar dari suatu produk atau pelayanan yang ditawarkannya dibanding biaya yang dikeluarkan konsumen untuk memperoleh suatu produk atau jasa.

Sukses sebuah usaha tidak lepas dari seberapa jauh anda mampu memuaskan pelanggan anda. Pengukuran tingkat kepuasan pelangga menjadi penting dan salah satu hal yang menjadi fokus bagi bisnis jasa sekarang ini adalah membina hubungan jangka panjang dengan konsumen dengan cara menyediakan kualitas pelayanan yang memadai.


· Tujuan Penelitian

:

Tujuan dalam penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh ALFAMART BUKIT SAWANGAN INDAH


· Metodologi

:

- Objek penelitian

Para konsumen Alfamart Bukit Sawangan Indah yang beralamat di Jl. Raya Parung Ciputat Sawangan Depok ruko bukit Sawangan Indah Blok. F2 No. 2

- Variabel

Variabel yang dikaji adalah variabel dependent dan dimensi (kualitas produk, harga, kulaitas pelayanan dan factor emosional) sebagai variable independent dengan jumlah sampel 100 orang

- Data

Data yang digunakan adalah data primer yang didapat berasal dari sumber pertama (individu) yaitu berupa opini atau pendapat dari subyek yang diteliti dengan menjawab pertanyaan penelitian.

- Tahapan Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan study lapangan, kuesioner, dan studi kepustakaan

- Model Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf yaitu penelitian yang menggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. Pada penelitian ilmiah ini menggunakan :

· Skala Likert yang memberikan skor 1 – 5 untuk mengetahui derajat responden terhadap serangkaian pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner.

Bobot

Penilaian

5

4

3

2

1

Sangat puas

Puas

Cukup Puas

Tidak Puas

Sangat Tidak Puas

a. Nilai tertinggi : [total responden x bobot tertinggi]

100 x 5 = 500

b. Nilai terendah : 100 x 1 = 100

c. Jarak : nilai tertinggi – nilai terendah

500 – 100 = 400

d. Interval : 400 : 5 = 80


· Model Chi Square yaitu uji hipotesa perbandingan frekuensi objektif dengan frekuensi harapan dengan perhitungan matematis dengan menggunakan chi square

x2 hitung = ∑ (Fo - Fe)2

Fe


· Hasil

:

KESIMPULAN :

Berdasarkan hasil analisis skala Likert yang mengacu pada tingkat kepuasan konsumen terhadap dimensi kualitas produk, harga, service quality, emotional factor pada Alfamart Bukit Sawangan Indah maka kesimpulannya yaitu konsumen merasa puas pada :

· Dimensi kualitas produk dengan nilai 418

· Dimensi harga dengan nilai 361

· Dimensi service quality dengan nilai 394

· Dimensi emotional factor dengan nilai 402,67

Pada konsumen Alfamart Bukit Sawangan Indah dari hasil perhitungan metode Chi Square diperoleh hasil x2 hitung (132.1505) > x2 tabel (21.0261) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa konsumen puas terhadap kualitas, harga, kualitas pelayanan, dan factor emosional pada Alfamart Bukit Sawangan Indah


· Saran dan Usulan Lanjutan

:

SARAN :

Kualitas pelayanan di Alfamart harus dipertahankan bahkan ditingkatkan di semua aspek karena sebagian besar konsumen sudah merasa puas.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan dan menumbuhkan rasa puas yang terus menerus pada konsumen yang akhirnya meningkatkan citra dan keuntungan bagi Alfamart dalam persaingan usaha yang sejenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar