Senin, 01 November 2010

JURNAL 2

· Tema / Topik

:

EKONOMI / KEPUASAN KONSUMEN


· Judul, Pengarang, Tahun

:

Analisis Kepuasan Konsumen Pada Giant Hypermarket Cimanggis Oleh Mashadi (2008)


· Latar Belakang Masalah

:

Dalam kompetisi global dewasa ini, konsumen cenderung untuk mempunyai lebih banyak keinginan. Suka tidak suka perusahaan dituntut untuk selalu melakukan kreasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen. Jika hal ini tidak dilakukan tentunya mempunyai resiko akan kegagalan mendapatkan laba maksimal dan berpalingnya para konsumen ke competitor. Fenomena seperti ini memaksa perusahaan untuk mengubah paradigma bisnis secara tradisional dan beralih orientasi kepada konsumen serta mengambil strategi proaktif demi meningkatkan daya saingnya.

Salah satu hal yang menjadi fokus bagi bisnis jasa sekarang ini adalah membina hubungan jangka panjang dengan konsumen dengan cara menyediakan kualitas pelayanan yang memadai. Dewasa ini, hampir semua industri dagang ataupun jasa memfokuskan diri pada upaya meningkatkan pelayanan yang diberikan. Pada umumnya semakin lama konsumen menjalin hubungan dengan perusahaan, mereka biasanya lebih mampu memberikan laba bagi perusahaan.

Tujuan memberi pelayanan yang berkualitas bagi para konsumen yaitu menciptakan rasa puas yang tercermin dari perilaku mereka untuk memilih layanan yang kita berikan atau mempengaruhi mereka untuk kembali di waktu lain dan juga merekomendasikan kepada kolega dan keluarganya. Jika hal itu terjadi, maka dapat dikatakan bahwa mereka telah merasakan pelayanan yang berkualitas dan menjadi loyal.


· Tujuan Penelitian

:

Tujuan dalam penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh GIANT HYPERMARKET CIMANGGIS


· Metodologi

:

- Objek penelitian

Para konsumen yang berbelanja di Giant Hypermarket Cimanggis


- Variabel

Variabel yang dikaji adalah variabel dependent dan dimensi (keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, berwujud) sebagai variable independent dengan jumlah sampel 100 orang


- Data

Data yang digunakan adalah data primer yang didapat berasal dari sumber pertama (individu) yaitu berupa opini atau pendapat dari subyek yang diteliti dengan menjawab pertanyaan penelitian.


- Tahapan Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan riset kepustakaan dan riset lapangan melalui wawancara


- Model Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf yaitu penelitian yang menggunakan model-model matematik, statistik atau komputer. pada penelitian ilmiah ini menggunakan :

· Skala Likert yang memberikan skor 100 – 500 untuk mengetahui derajat responden terhadap serangkaian pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner.

Interval

Penilaian

100 – 179

180 – 259

260 – 339

340 – 419

420 – 500

Sangat tidak baik

Tidak Baik

Cukup Baik

Baik

Sangat Baik


a. Nilai tertinggi :

[total responden x bobot tertinggi]

100 x 5 = 500

b. Nilai terendah : 100 x 1 = 100

c. Jarak : nilai tertinggi – nilai terendah

500 – 100 = 400

d. Interval : 400 : 5 = 80

· Model Chi Square yaitu uji hipotesa perbandingan frekuensi objektif dengan frekuensi harapan dengan perhitungan matematis dengan menggunakan chi square

Fe2 = ∑ (Fo - Fe)2

Fe


· Hasil

:

KESIMPULAN :

Dengan skala Likert dan Chi Square terhadap 100 orang ini berarti memberikan pelayanan yang terbaik/memuaskan para konsumen baik dari dimensi keandalan, dimensi keresposifan, dimensi keyakinan, dimensi empati, dan dimensi berwujud, secara seluruh konsumen merasa puas dengan rata-rata nilai 342,35 maka dapat dikategorikan baik dengan kelas interval (340 – 419)

Sedangkan pada uji Chi Square hitung > Chi Square table (53,375 > 26,2962) dan nilai asymtotik significance yaitu 0,000 / probabilitas ≤ 0,05 yang berarti Ho ditolak / konsumen merasa puas terhadap pelayanan Giant Hypermarket Cimanggis.


· Saran dan Usulan Lanjutan

:

SARAN :

Setelah mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan Giant Hypermarket Cimanggis, ada beberapa catatan pada masing-masing dimensi yang perlu mendapat perhatian dan peningkatan kualitas pelayanan oleh Giant Hypermarket Cimanggis antara lain :

- Dimensi keandalan; perihal ketepatan waktu dan kesesuaian janji dimana ada 13% konsumen yang menyatakan kurang puas

- Dimensi keresponsifan; perihal kecepatan dan ketelitian pekerja, dimana ada 21% konsumen yang menyatakan kurang puas

- Dimensi keyakinan; perihal perilaku dan semangat kerja para staff , dimana ada 23% konsumen yang menyatakan kurang puas

- Dimensi empati; perihal kemampuan staff berkomunikasi dengan konsumen , dimana ada 10% konsumen yang menyatakan kurang puas

- Dimensi berwujud; perihal kebersihan dan kenyamanan ruangan, dimana ada 10% konsumen yang menyatakan kurang puas

USULAN LANJUTAN :

Meskipun sudah baik, hendaknya Giant Hypermarket Cimanggis tetap berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan yang sudah ada, mungkin dengan melakukan pelatihan secara rutin kepada karyawannya agar para konsumen bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal sehingga mereka akan senang dan loyal berbelanja di Giant Hypermarket Cimanggis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar