Selasa, 18 Januari 2011

Teh Botol Sosro Ternyata Tidak Mengandung Racun


Teh botol sosro ternyata tidak mengandung racun akhirnya membuah hasil.Ada komentar dari seorang pengunjung yang bernama Mas Chandra memberikan komentar di artikel sebelumnya.Dia memberikan link sumber blog dimana asal mula isu ini muncul. Berikut pengakuan dari sumber blog ini yang saya kutip dari situs ini :

Tulisan mengenai Dihidrogen Monoksida, DHMO, dan Hydroxylic Acid di dalam teh botol sosro adalah ciptaan saya yang digunakan sebagai bahan diskusi mengenai Hoax Marketing di mailing list Creative Circle Indonesia. Waktu itu saya mengajukan ide untuk bereksperimen dengan media hoax untuk mengiklankan suatu produk. Sebagai contoh kasus, saya ambil teh botol sosro yang diattach ke hoax mengenai DHMO yang sudah lebih dulu ada.

Silakan baca kronologisnya di sini.

Berhubung itu hanya untuk bahan diskusi TERTUTUP di mailing list Creative Circle Indonesia, saya sudah mewanti-wanti anggota lain untuk tidak memforward hoax itu ke luar. Tapi tampaknya ada yang usil sehingga akhirnya berita itu tersebar juga.

Anyway, seperti yang saya perkirakan, hoax memang media yang sangat ampuh untuk menyisipkan pesan. Terbukti hanya hitungan minggu hoax ini sudah melanglangbuana hingga pengguna yahoomail singapura. Saat saya coba search, tiga forum sudah ribut membicarakan hoax ini.

Tapi gejala menarik untuk kita lihat bahwa TIDAK ADA SATUPUN pembicaraan di forum-forum itu yang terpengaruh oleh Hoax ini. Tidak ada yang kehilangan selera terhadap teh botol sosro, sebaliknya malah menyimpulkan bahwa berita ini adalah negative campaign yang dikarang oleh pesaing teh botol sosro. Banyak juga yang menyenangi hoax ini karena idenya konyol, mengendorse AIR sebagai racun yang ada di dalam teh botol (hydroxylic acid adalah nama lain air yang kedengarannya seperti racun mematikan).

Sebagai penutup, saya MEMINTA MAAF kepada tim marketing teh botol sosro beserta jajaran Public Relationnya karena menambah kerjaan mereka untuk membantah hoax ini. Seperti saya ungkapkan di atas, hoax ini sebenarnya hanya untuk bahan diskusi, dan saya SUDAH MEMINTA anggota CCI untuk tidak memforward beritanya kepada siapapun.


Alhamdulillah …. ternyata setelah saya membaca berulang kali, saya merasa mantap bahwa TEH BOTOL SOSRO MENGANDUNG RACUN adalah sebuah ISU BELAKA. Dari kutipan diatas, disitus tersebut yang bersangkutan sudah mengakui dan menegaskan bahwa TEH BOTOL SOSRO TIDAK MENGANDUNG RACUN.

Saya berpikir apakah ini sebuah kedok untuk menjatuhkan produk sosro karena persaingan bisnis ? kenapa tidak produk minuman yang lain ? Kan saat ini banyak bahan makanan yang menggunakan bahan hydroxylic acid. Padahal bahan hydroxylic acid ini tidak berbahaya bagi manusia. Semoga teh botol sosro ini selalu eksis. Karena ini adalah minuman favorite saya ketika lagi santai. Sesuai dengan motto iklannya … “Apapun makanannya, minumnya tetap Sosro“. Akhir kata dari saya ….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar